Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis - OBAT HERBAL ALAMI

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis – Penyakit lambung yang tidak dapat penanganan tepat tentu akan menimbulkan penyakit lebih berbahaya muncul bahkan nyawa sekalipun dapat menjadi taruhannya. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri juga gejala dari penyakit lambung kronis.

Apa Itu Penyakit Sakit Lambung Kronis

Terkadang sakit lambung/ maag memang seringkali dianggap sebagai penyait umum yang biasanya tidak menimbulkan  gejala yang lebih buruk. Namun ketahuilah bahwa sakit lambung yang tidak dapat mendapat penanganan secara tepat, tentu sangat berkemungkinan untuk membuat penyakit anda menjadi penyakit lambung kronis bahkan hingga kanker lambung.

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Penyakit sakit lambung kronis adalah penyakit yang intensitasnya lebih parah dari sakit lambung biasa. Sakit lambung kronis atau syndrom dispepsia dapat menyebabkan penderitanya mengalami penurunan berat bada secara drastis. Pengobatan terhadap sakit lambung yang telah menjadi kronis juga akan sangat sulit disembuhkan secara total.

Hal itu dapat terjadi karena adanya peradangan pada lambung yang telah terinfeksi bakteri Helicobacter pylori yang kemudian menimbulkan tukak atau lubang. Ditambah dengan banyaknya mengkonsumsi lemak dan sedikitnya serat.  Pola makan yang tidak teratur ini dapat mengakibatkan adanya klep di kerongkongan hingga mengakibatkan rasa tidak nyaman karena asam lambung naik ke kerongkongan.

Bahaya Sakit Lmabung Kronis Yang Tidak Segera Ditangani

Berikut adalah baya atau komplikasi sakit lambung kronis apabila tidak segera mendapat penanganan seriu:

1. Penyempitan esofagus.

Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menimbulkan penyempitan esofagus, sehingga efek yang terjadi berupa sulit menelan dan nyeri pada dada.

2. Esofagus Barrett

Esofagus Barrett disebabkan oleh paparan asam lambung dikerongkongan secara terus-menerus. Namun pada ksus ini, sel-sel yang terdapat di lapisan bagian bawah kerongkongan berubah menjadi sel kanker. Perubahan sel tersebut bisa mengarah pada terjadinya kanker kerongkongan.

3. Stenosis Pilorus

Kondisi ini di sebabkan oleh paparan asam lambung pada area pilorus (bagian antara lambung dengan usus halus) dalam jangka panjang. Paparan akan menimbulkan jaringan perut yang kemudian mempersempit pilorus. Akibatnya makanan menjadi tidak dapat dicerna dengan baik.

**Sumber: aladokter.com

Poin kedua merupakan komplikasi yang terbilang paling berbahaya dan mematikan, karena akibatnya dapat menyebabkan kanker yang tentu penyakit ini adalah jenis penyakit serius yang dapat mengancam nyawa sipenderita.

Mengingat bahayanya komplikasi yang dapat di timbulkan dari sakit lambung kronis. Semoga ini dapat menjadi pelajaran untuk kita agar tidak mengabaikan atau menyepelekan penyakit yang terkadang terdengar umum.

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Untuk dapat mengatasi penyakit lambung kronis lebih awal, maka sangat penting untuk kita mengathui apasaja ciri-ciri atau gejala yang ditimbulkan dari Sakit Lambung Kronis. Berikut diantaranya:

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

1. Sakit Perut Atas

Rasa sakit bisa terjadi seperti melilit, perih dansangat tidak nyaman. Ini terjadi karena adanya pembengkakan pada bagian selaput perut. Terkadang rasa sakit dapat menjadi parah karena karena perut yang sama sekali tidak menerima makanan.

2. Tubuh Sangat Lemah

Tubuh sama sekali tidak dapat beraktivitas karena rasa sakit yang luar biasa. Bahkan tubuh menjadi lemah akibat tidak adanya asupan makanan yang baik. Sementara peradangan pada bagian lambung membuat sipenderita tidak bisa makan. Kondisi ini membuat sipenderita harus mendapatkan perawatan yang sangat insentif seperti rawat inap di rumah sakit.

3. Perut Kembung

Perut kembung terjadi akibat adanya peradangan yang terjadi oada lambung. Selain itu, lambung yang telalu banyak menghasilkn asam akan membuat asam naik ke bagian perut atas. Ditambah sipenderita juga akan sulit buang gas dan perih yang membuat sipenderita merasa sangat tidak nyaman dibuatnya.

4. Mual Dan Muntah

Terasa mual dan muntah ini disebabkan karena perut menjadi lebih cepat kenyang meski hanya makan sedikit. Ditambah asam yang berlebihan pada lambung yang telah naik ke atas perut. Kondisi ini akan membuat penderita tidak dapat menerima makanan dengan baik.

5. Sendawa

Sendawa merupakan akumulasi dari perasaan penumpukan angin yang berlebihan dalam perut. Ketika bersendawa memang perut menjadi terasa lebihnyaman, namun disamping itu juga akan memancing untuk bersendawa secara terus menerus. Hal itu juga dapat menyebabkan muntah dan mual.

6. Berat Badan Menurun

Penderita sakit lambung kronis biasanya akan terlihat lebih kurus. Hal itu terjadi disebabkan sulitnya bagi sipenderita untuk mendapat asupan makanan yang baik, karena kondisi lambung yang selalu menolak untuk mendapat asupan makanan.

7. BAB Berdarah

Ini lah yang biasa di sebut dengan pendarahan lambung.  Pendarahan lambung ini terjadi akibat infeksi peradangan pada lambung yang menyebabkan luka terhadap lambung juga usus.

8. Muntah Darah

Muntah darah ini dapat terjadi kepada penderita sakit lambung kronis yang telah sangat buruk. Hal ini diakibatkan dari lambung yang terus menerus menrus menolak asupan makanan. Hal seperti bisa dapat menjadi gejala yang lebih buruk seperti kanker lambung.

Mengobati Sakit lambung Kronis Oleh Diri Sendiri

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sebelum anda memeriksakan diri kepada dokter. Berikut diantaranya:

  1. Hindari konsumsi zat kafein atau alkohol, karena kedua zat tersebut dapat memperburuk rasa sakit yang anda rasakan.
  2. Hindari makanan yang dapat memicu kambuhnya sakit lambung kronis.
  3. Mengatur pola makan, ika biasanya anda makan sebanyak 3 kali dalam sehari dalam porsi besar. Maka rubahlah pola makan anda menjadi 4 atau 5 kali dalam sehari, tetapi dengan masing-masing porsi yang lebih sedikit.
  4. Jangan membiarkan diri anda di kuasai rasa cemas dan stres. Jika anda merasa belum mampu melakukannya, mintalah bantuan pskiater. Teknik relaksasi atau terapi perilaku kognitip merupakan contoh pengobatan yang mungkin disarankan.
  5. Hentikan konsumsi ibufrotein atau aspirin, jika sakit lambung anda di sebabkan oleh obat-obat tersebut. Selanjutnya konsultasikan diri anda kepada dokter untuk mendapat pengobatan lebih baik.
  6. Konsumsi obat sakitt lambung kronis herbal/ alami. Cara ini tentu lebih aman dibandingkan dengan konsumsi obat kimia yang dijual dipasaran.

 

Cara Mengobati Sakit Lambung Kronis Menggunakan Tumbuhan Herbal

Berikut adalah jenis-jenis tanaman yang dapat anda pergunakan untuk mengobati sakit lambung kronis anda. Selain tanaman di bawah bersifat alami, juga merupakan tanaman yang sangat mudah untuk kita mendapatkannya.

1. Kunyit Atau Kunir

Kunyit dengan nama latin Curcuma Longan Linn merupakan tumbuhan yang biasa digunakan para nenek moyang kita sejak jaman dulu untuk mengobati berbagai macam penyakit yang salah satunya adalah sakit lambung kronis. Caranyapun sangat mudah: Parut beberapa potongan kunyit kemudian peras setelah itu minum air saripati dari kunyit tersebut. Anda juga dapat menambahkan sedikit air hangat dengan campuran sedikit madu agar rasanya menjadi manis.

2. Daun Jambu Biji

Obat yang terkenal untuk mengobati diare ini juga ternyata dapat mengobati sakit lambung kronis. Caranyapun juga terbilang sangat mudah, anda cukup memetik segenggam daun jambu biji. Kemudian anda rebus dalam wajan dengan 3 gelar air, tunggu sampai mendidih hingga air yang digunakan merebus tadi tersisa hanya sekit 1 gelas saja, kemudian saring dan minumlah air tersebut saat hangat. Minumlah rutin 3 kali dalam sehari.

3. Kacang Dan Daun Kedelai

Goreng kacang kedelai terlebih dahulu untuk kemudian anda tumbuk atau blander sampai halus. Konsumsi secara teratur dengan cara di seduh dan diminum saat hangat.

4. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman seperti kunyit, temulawak juga memiliki beragam khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Cara yang digunakanpun sama dengan pengolahan kunyit.

5. Buah Alpukat

Selain rasanya yang disukai banyak orang, ternyata alpukat juga memiliki kandungan nutrisi vitamin dalam buah alpukat yang dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit lambung kronis.

6. Daun Salam

Selain berguna sebagai penyedap rasa, daun salam juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit lambung kronis. Caranya rebus segenggam daun salam dengan 2 gelas air, lalu tambahkan sedikit gula batu asli, didihkan samopai air hanya tersisa satu gelas, kemudian saring dan minumlah saat hangat. Cukup anda lakukan sekali sehari hingga sakit lambung anda terasa sembuh.

Itulah beberapa tumbuhan yang dipercaya dapat menyembuhkan sakit lambung kronis. Menggunakan tumbuhan sebagai obat alami memang sangat baik untuk kesehatan. Namun disamping itu anda harus cukup bersar, karena efek dari obat tersebut tidak instan seperti obat-obatan medis.

Semoga setelah anda membaca artikel ini, anda dapat lebih memperhatikan kesehatan dan tertaik untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati sakit lambung kronis yang anda derita. Makan teratur, porsi secukupnya dan tidak membiasakan perut kosong merupakan upaya mencegah kambuhnya sakit lambung kronis anda.

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Baca Juga Cara Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Ciri Ciri Sakit Lambung Kronis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *