Cara Mencegah Radang Ginjal - PENTING, CEK SEGERA !!!

Cara Mencegah Radang Ginjal

Cara Mencegah Radang Ginjal

Cara Mencegah Radang Ginjal sangat perlu anda lakukan sedari dini, karena seperti pepatah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita ” mencegah lebih baik dari pada mengobati “. Maka dari itu, simak sampai tamat artikel saya yang satu ini agar anda tahu apa saja informasinya.

Cara Mencegah Radang Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh yang mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia karena bertugas dalam mengeluarkan limbah zat sisa dari dalam tubuh melalui urin. Banyak masalah atau gangguan kesehatan yang terjadi didalam ginjal, salah satunya radang ginjal.

Seperti namanya saja, radang ginjal ini merupakan kondisi dimana ginjal mengalami peradangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh. Radang ginjal ini sangatlah berbahaya seperti penyakit ginjal pada umumnya karena bisa membuat kemampuan ginjal menurun dan bahkan resiko mengalami gagal ginjal meningkat.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk anda mengetahui apa saja cara mencegah radang ginjal dari sejak dini. Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit ginjal yang satu ini, diantaranya :

  • Segera lakuka pemeriksaan jika mengalami infeksi yang membuat sakit di tenggorokan
  • Kontrol terus tekanan darah anda karena tekanan darah yang tinggi menjadi resiko gangguan ginjal
  • Radang ginjal salah satunya diakibatkan oleh infeksi seperti HIV dan hepatitis. Maka dari itu sangat penting sekali untuk menjaga pemakaian jarum bekas orang
  • Mengontrol kadar gula dalam darah
  • Hindari pemakaian obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang panjang
  • Berhenti merokok
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal

Selain tips atau cara mencegah diatas, anda juga sangat penting untuk mengetahui tipe-tipe dari radang ginjal.

Berdasarkan penyebab dan area terjadinya, radang ginjal dibagi menjadi 2, yaitu Glomerulonephritis dan Interstitial nephritis. Berikut penjelasannya :

1. Glomerulonephritis

Glomerulonephritis adalah peradangan yang terjadi pada bagian glomeruli, yang merupakan sekelompok kecil pembuluh darah yang menghitari ginjal. Pada saluran pembuluh darah ini lah terjadinya penyaringan limbah sisa tubuh.

Tipe radang ginjal ini biasanya disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan atau sel tubuh yang sehat. Cara untuk mendeteksi tipe radang ginjal ini cukup mudah yaitu dengan tes urine atau tes darah.

Selain itu, ada beberapa tanda yang dialami oleh para penderita Glomerulonephritis diantaranya kaki bengkak dan darah bercampur dengan urine. Glomerulonephritis sangatlah berbahaya jika dibiarkan begitu saja, karena dapat meningkatkan resiko terjadinya gagal ginja kronis, tekanan darah tinggi serta kerusakan pada organ tubuh lainnya.

2. Interstitial nephritis

Tipe radang ginjal yang kedua adalah Interstitial nephritis. Tipe yang satu ini merupakan peradangan yang terjadi pada daerah jaringan yang mengelilingi tubulus ginjal. Meskipun tidak begitu berbahaya, namun tipe radang ginjal yang satu ini bersifat kronis atau berjangka panjang. Ada beberapa penyebab umum tipe Interstitial nephritis, yaitu :

  • Konsumsi obat
  • Penggunakan obat dalam jangka waktu panjang
  • Efek samping dari antibiotik tertentu seperti halnya penicillin dan ampicillin
  • Kadar kalium dalam darah terlalu sedikit sedangkan kadar kalsium tinggi

Gejala yang biasa dialami oleh penderita radang ginjal tipe Interstitial nephritis ini diantaranya : Demam tinggi, mual dan muntah, mudah lelah dan ngantuk, keinginan kencing meningkat, bingung, pembengkakan anggota badan tertentu serta berat badan meningkat karena penumpukan cairan.

Itu tadi penjelasan singkat mengenai tipe dari penyakit radang ginjal. Jika saat ini anda berniat untuk mencegah diri dari penyakit radang ginjal atau bahkan sudah divonis menderitanya saya sangat sangat sarankan untuk segera melakukan pengobatan agar tidak semakin parah.

Dan bila perlu anda bisa mengunjungi home dari web ini yang menerangkan tentang cara menyembuhkan penyakit ginjal. Disana ditulis semua penyakit penyakit ginjal dan pengobatannya bagaimana. Semoga bermanfaat 😉

Baca Juga : Obat Penghancur Batu Ginjal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *